Rabu, 19 Maret 2014

Apakah Anda Depresi???!!



Beberapa hari terakhir ini saya melihat berita di media televisi banyak rumah sakit khusus yang menangani gangguan mental pada seseorang telah membuka atau menyediakan fasilitas seperti kamar dan perawatan bagi orang yang mengalami gangguan perasaan setelah masa pemilu caleg bulan april ini. Hati saya jadi terdorong untuk menulis tentang beberapa gangguan perasaan tersebut salah satunya yang paling sering didengar adalah Depresi. Apa sih itu depresi? Bagaimana cirri-ciri orang mengalami depresi?

Depresi tidak hanya dialami oleh orang yang gagal mencalonkan diri pada april nanti…. Tapi depresi juga banyak terjadi dikalangan masyarakat seperti pada ibu hamil, pada pekerja yang dipecat dari pekerjaannya, pada pekerja yang merasa jenuh dengan kehidupannya, pelajar, ibu rumah tangga dan lain sebagainya.



Depresi adalah perasaan atau mood negative yang berkepanjangan dalam berbagai bentuk, yang dapat mengganggu aktivitas hidup seseorang. Gejalanya sering timbul seperti perasaan tidak diri sendiri tidak berguna, perasaan bersalah yang berlebihan, merasa sendirian, kesedihan yang mendalam dan seolah tidak memiliki harapan. Terkadang jika gejala ini sudah berat aka nada keinginan untuk mengakhiri hidup (bunuh diri) atau lebih paranya lagi menccoba melakukan tindakan tersebut. Gejala diatas adalah gambaran luas tentang depresi, tapi gejala depresi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Karena sering kali depresi ini tidak disadari oleh pendritanya, gejalanya perlu dikenali:

Gejala Emosional:
Dikuasi perasaan-perasaan seperti kesedihan, ketakutan, bersalah, marah , tidak punya harapan, tidak berdaya menghadapi masalah dan adanya perubahan mood seperti yang tadinya periang menjadi pendiam atau murung.


Gejala Fisik:
Gejala fisik ini mengganggu pada kulitas kehidupan karena pada depresi terdapat gangguan seperti tidur menjadi terlalu banyak atau tidak tidur sama sekali (terlalu sedikit tidur),  makan berlebihan atau malah kehilangan selera makan, merasa susah buang air besar, kehingan berat badan, siklus menstrusi yang terganggu dan penurunan dorongan seksual yang perlahan.


Gejala Perubahan Perilaku:
-          Menangis tanpa sebab yang jelas
-          Menarik diri dari orang lain (social) dan situasi yang baru
-          Cepat marah
-          Tidak memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu atau tidak ada tujuan
-          Tidak tertarik memperhatikan penampilan diri
-          Tidak tertarik lagi pada aktivitas sebelumnya seperti tidak tertarik melakukan hobbynya lagi
-          Muncul dorongan untuk menggunakan obat-obatan dan alkohol

Memiliki persepsi/ pemikiran yang merugikan diri sendiri:
-          Merasa gagal
-          Sering mengkritik diri sendiri secara berlebihan
-          Sering merasa kecewa
-          Merasa tidak berdaya/memliki harapan
-          Menyalahkan diri sendiri jika menghadapi kejadian yang kurang menguntungkan
-          Merasa pesimis pada masa depan



Gejala-gejala depresi sangat beraneka ragam, baik itu kadar ringan sampai berat. Jika kita merasa ada bagian dari gejala tersebut maka segeralah mencari informasi dokter terdekat yang dapat membantu memecahkan penyebabnya dan meringankan gejalanya agar tidak terlanjur masuk ke fase yang lebih berat. 

created by:
dr. N.Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar