Kamis, 11 Juni 2015

Kulit Putih? apa Kulit Cerah?

Halo readers..
Saya kembali lagi sekarang mau menuliskan tentang wajah yang sehat itu bagaimana sih ciri-cirinya? Apa kah wajah yang sehat itu harus terlihat putih? Atau karena banyak iklan yang memaparkan bahwa produk-produk yang dapat membantu wajah nampak lebih putih agar terlihat canti, apa kah yang putih itu sehat dan cantik?


Wajah yang cantik tentunya adalah wajah dengan kondisi kulit wajah yang cerah dan bersih terawat eiiiits bukan berarti putih yah...
Pigmen pada setiap individu itu berbeda-beda ada yang terlahir dengan kulit putig, kuning langsat, sawo matang atau sampai coklat tua. Kulit putih siapa yang tidak mau, akan terlihat lebih cantik (menurut sebagian besar masyarakat di Indonesia), tapi tahukan Allah itu menciptakan seseorang tidak ada yang 100 persen sempurna jika yang sempurna yah Allah SWT sendiri bukan, kelebihan pada kulit putih mungkin terlihat lebih cerah dan cantik tapi kulit putih juga harus hati-hati, karena kandungan melanin di kulit itu lebih sedikit dibanding kulit yang lebih gelap dari kulitnya.


Melanin apa sih itu melanin, melanin itu secara garis besar adalah sel pigmen kulit kita, berfungsi banyak sekali salah satunya adalah menangkal efek negatif dari cahaya matahari yang dapat menimbulkan kanker kulit. Jadi yang kulitnya ga putih masih ga pede sama kulitnya?
Jadi untuk warna kulit yang terang hati-hati yah dengan efek negatif dari UV, karena kadar melanin pda kulitny sangat sedikit.


Bagaimana dengan kulit yang diputihkan? Minum obat pemutih? Pakai cream pemutih?
Dipasaran banyak sekali cream pemutih yang ditawarkan mulai dari yang asli sampai yang abal-abal. Eiiits jangan tergiur dulu, apalagi sampe milih yang abal-abal demi putih seperti idoanya. Cream yang murah atau cenderung abal-abal biasa menggunakan pemutih yang berbahaya bagi tubuh kita, misal mercuri yah guys girl.. efek dari mercuri itu sangat berbahaya, nanti kita bahas lebih lanjut tentang mercuri. Kulit yang diputihkan bisa dengan cara kulit dikelupas, dihambat melanin nya dan lain sebagainya, efek nya adalah kulit memang putih tapi bukan berarti sehat, karena menimbulkan kerusakan pada kulit, kulit lebih cenderung iritasi, berjerawat dan bisa-bisa kanker kulit.



Mau kulit putih? Apa kulit cerah? Apa sih beda nya?
Kulit cerah menurut versi saya hehehe... adalah kulit yang tampang cerah dengan warna kulit yang tetap sama, biasanya kulit cerah itu kulit yang terawat, tidak berjerawat, tampak segar tidak kusam, tampak awet muda yang intinya kulit yang sehat dan awet muda. Tanpa merusak srtuktur pertahanan dari kulit, atau merubah fisiologi dari kulit seseorang. Yang membuat cerah biasanya Vitamin C, dari ektrak lemon dan lain sebagainya.


Bagaimana dengan dokter yang memberikan cream pemutih? Eiiits dokter tidak sembarangan memberikan cream pemutih, biasanya dengan diagnosa tertentu bukan untuk membuat kulit tampak lebih putih, misal adanya melasma (bahasa lain itu kokoloteun, flek), lalu bekas jerwat yang sukar menghilang (biasanya hanya di totol di bekas jerawatnya saja) dan penggunaan cream tersebut terbatas serta dengan resep dokter, karena itu temasuk kedalam obat bukan kosmetikamedik yang bisa dijual bebas dipasaran. Jadi jangan disalah artikan sampai disalah gunakan yah..
Sekarang setelah membahas tentang cream, wajah dengan pemutih dan wajah cerah, ada baiknya kalau saya bahas tentang ciri-ciri wajah yang sehat itu seperti apa. Cekidot dibawah sini yah girls guys..


Ciri-ciri kulit yang sehat:
  1. Kulit yang berwarna (tidak pucat) kenapa? Karena pembuluh darah mengalir dengan baik dibawah kulit sehingga suplai perdarahan kekulit baik terlihat rona wajah tapi bukan kemerahan yah..
  2. Kulit yang sehat tidak memiliki noda bekas jerawat dan bahkan bintik-bintik jerawat batu. Karena jika terdapat bintik-bintik kecil pada wajah bisa jadi hal tersebut merupakan sebuah tanda-tanda penuaan dini yang harus segera diantisipasi dan diatasi.
  3. Kulit wajah lembab tampak segar, tidak kering juga tidak kusam karena penuh dengan minyak.
  4. Kulit wajah sehat juga tampak secara kasat mata dengan melihat dan meraba permukaan kulit tersebut. Jika permukaan kulit lembut, halus dan mulus, hampir bisa dipastikan jika kulit tersebut lebih sehat.
  5. Kulit wajah sehat lebih kenyal dan lentur, untuk ciri-ciri yang ini pembuktiannya harus dipegang atau sedikit mencubit. Kulit bermasalah ketika dipegang tidak langsung kembali atau membekas.
  6. Kulit tanpa keluhan penyakit apapun. Baik itu komedo, panu, kudis kurap atau bahkan jerawat meradang, yaitu jerawat bandel yang tidak sembuh-sembuh.


Intinya, kesehatan kulit wajah dan kulit secara keseluruhan harus dijaga semaksimal mungkin. Bukan hanya untuk orang-orang dengan profesi sebagai publik figur. Siapapun berkewajiban menjaga kesehatan kulitnya. Banyak konsumsi sumber makanan kaya anti-oksidan, minum air putih/mineral.
Semoga tulisannya bermanfaat..
selamat malam..

creaed by dr. N. Silvia Carolina 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar