Senin, 24 Februari 2014

Tips Tetap Bugar setelah Begadang



Begadang sangat berdampak pada kesehatan tubuh kita, karena perubahan keiasaan tidur bisa membuat anda kelelahan yang berujung pada penurunan daya tahan tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh maka akan membuka kesempatan pada penyakit infeksi seperti flu, demam tifoid bahkan sampai demam berdarah.
Selain membuka jalannya penyakit infeksi, begadang berpotensi menimbulkan sakit maag akibat dari memaksakan diri untuk tetap terjaga pada malam hari sampai dini hari meski tubuhnya sudah tidak kuat lagi yang akan menimbulkan perlawanan dari tubuh seperti mengeluarkan hormon stress dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan sehingga timbulah gejala maag.


Begadang sangat berdampak pada kualitas fisik setelah kita menjalaninya, tentunya akan mengalami kelelahan. Namun ada beberapa strategi efektif yang dapat dicoba untuk mengembalikan kebugaran dipagi hari setelah begadang, yaitu:

Meditasi pagi: karena begadang akan menyebabkan stress pada tubuh maka untuk pencegahannya lakukanlah meditasi beberapa menit dipagi hari. Putar musik yang menenangkan pikiran serta tambahkan wangi-wangian aromaterapi. Meditasi ini akan membantu dalam pemulihan otak tentunya tidak semaksimal tidur.

Minum perasan air lemon: lemon mengandung Vitamin C yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kelelahan, melawan hormon-hormon serta zat-zat yang dapat merusak tubuh, sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh kita kembali.


Olahraga ringan: bersepeda atau joging selama 15 menit sampai 30 menit di pagi hari membantu kita meperlancar aliran darah tubuh sampai ke otak kita, sehingga kita jadi tetap waspada.

Makan makanan yang ringan: karena begadang metabolisme tubuh akan ikut berubah atau terganggu karena tubuh tidak mengikuti ritme/ jam metabolisme tubuh. Jika setelah kita begadang kita memakan makanan yang berat, makanan tersebut tidak akan dicerna dengan baik. Maka konsumsilah makanan kaya serat seperti sereal, oatmeal atau sayuran segar. 



Semoga ke empat tips tadi dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh kita. Walaupun sebaiknya hindarilah begadang karena sangat berdampak pada kesehatan tubuh kita. Usahakan tubuh mendapat jam istirahatnya yang cukup selama 7-8 jam sehari. 

created by:
dr. N. Silvia Carolina

1 komentar:

  1. Thank's atas infonya. bermanfaat banget buat yang lag ngejar dateline skripsi *v*

    BalasHapus