Minggu, 20 Oktober 2013

Detoks antara Diet dan Kesehatan Tubuh


Detoks adalah konsep pembersihan tubuh dari zat-zat sisa pembuangan dan pembakaran tubuh, yang  jika tertumpuk dalam waktu yang lama akan menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Menurut Erikar Lebang, Detoksifikasi adalah proses pengeluaran zat bersifat toksin dari dalam tubuh. Sebagai pemula, lakukan proses detoks selama tiga hari dalam sebulan. Agar hasil detoks bisa tercapai sempurna, dibutuhkan disiplin yang tinggi. Usahakan untuk menentukan waktu yang tepat di setiap bulannya dan jangan ganggu kegiatan rutin Anda.



Minuman Detoks identik dengan minuman diet yang dihaluskan atau dengan pembuatan jus. Jus ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengoftimalkan khasiat buah dan sayur. Karena tidak memberatkan kerja lambung sehingga nutrisi dari kandungan buah dan sayur akan terserap secara optimal. Buah dan sayur telah terbukti secara medis mampu mengobati beragam penyakit. Kemampuan ini berhungungan dengan khasiat antioksidan  dan peran fitonutrien dari nutrisi yang dapat menunjang sistem metabolisme tubuh. Dengan masih utuhnya kandungan nutrisi yang terserap dalam tubuh akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu dalam pemulihan gangguan kesehatan.

Kendungan yang terdapat dalam buah dan sayur adalah vitamin, mineral, gula buah dan air. Selain komponen utama tersebut, buah dan sayuran memiliki kandungan zat fitonutrien, enzim dan serat makanan. Dan ada beberapa jenis lemak dari buah yang berguna bagi kesehatan tubuh.



Resep Jus Detox

Great Banana Smooth

Kerjasama vitamin dan mineral dalam jus akan mempermudah proses detoks tubuh. Serat dan pektin yang terkandung sangat membantu keseimbangan metabolisme tubuh serta memacu perbaikan sel-sel yang rusak.


Bahan-bahan:
1 buah Pisang ambon ukuran kecil
200 gr jeruk manis/ keprok
100 ml susu kedelai
50 ml yogurt tawar

Cara membuatnya:
Peras jeruk dengan juice extractor, sisihkan airnya.
Masukan pisang, susu kedelai, air jeruk yang tadi dan yogurt tawar ke dalam Blender, lalu proses ingá lembut. Sajikan dengan menambahkan es batu untuk lebih segar.


Forever Young

Panduan betakaroten, Vit C dan Vit E didalam kombinasi buah yang digunakan merupakan antioksidan kuat yang mampu mengandalikan peremajaan sel dan menghambat penuaan.



Bahan-bahan:
100 gr wortel
100 gr jagung muda
50 gr kelapa kupas kulit arinya
200 gr mangga
1 sdm Minyak Zaitun

Cara Membuat:
Proses semua bahan kedalam blender hingga lembut, lalu sajikan selagi masih segar.


Arabian Night:

Sensasi segar dari minuman ini akan memulihkan stamina setelah aktivitas seharian. Khasiat vitaminnya mampu membersihkan paparan radikal bebas dan racun dalam tubuh.


Bahan-bahan:
100 gr kurma
200 gr nanas
300gr semangka merah
5 lmbar daun mint
150 ml air panas

Cara membuat:
Seduh daun mint dengan air mendidih, biarkan hingga aroma mint nya menyatu.
Blender kurma, nanas dan semangka hingga lembut.
Campur air seduhan daun mint dengan jus, lalu blender kembali
Sajikan selagi hangat


Sumber
Aneka Minuman Detoks. Familia. 2010. Yogyakarta.


Penulis:
dr. Neng Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar