Minggu, 27 Oktober 2013

Beras Merah Kaya Manfaat


Beras merah merupakan beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti bijirin masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik  jika dibandingkan dengan beras putih.

Dalam satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gram serat, sementara beras putih kurang dari 1 gram. Khasiat beras merah dapat meningkatkan perkembangan otak. Zat besi yang terkandung di dalamnya juga tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Khasiat beras merah bukan hanya mengandung gizi yang baik, mengenyangkan, namun juga mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan.

Dibawah ini Beberapa Manfaat yang terkandung dalam segelas Beras Merah:

  1. Menghaluskan kulit, mengatasi atau mengurangi alergi
  2. Mencegah, meringankan dan mengatasi penyakit-penyakit degeneratif seperti Diabetes militus, pengerasan pembuluh darah, hipertensi, rabun mata, asthma, lever, dan menunda penuaan dini.
  3. Kaya SeratBeras merah, brown rice memiliki kandungan serat yang tinggi, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Memperbaiki gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit dan menurunkan kadar kolesterol darah.
  4. Mengontrol Kadar Gula Darah: Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.
  5. Meningkatkan stamina, menguatkan organ tubuh, mengatasi cepat lelah, sakit kepala, pusing, sukar tidur,flu, dan meningkatkan daya seksual.
  6. Membuat Lebih Cepat KenyangBritish Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.
  7. Mengandung AntiOksidan Tinggi
Beras merah kulitnya mengandung antosianin pada lapisan kulit beras merah ini berfungsi  sebagai antioksidan  yang mampu  mencegah penyakit hati (hepatitis),  kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan  otak.
Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi.
Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh.
  1. Kaya Vitamin B6: Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.
  2. Kaya Vitamin BDapat mengatasi rasa kesemutan pada kaki dan tangan, sakit pinggang, pegal pada bahu, rematik dan beri-beri.
  3. Mengandung  Selenium  merupakan bagian dari  enzim glutation peroksidase, yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida mempunyai kemampuan untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.
  4. Mengandung Magnesium yang mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium , menurut beberapa studi bahkan mampu menurunkan   keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat: Dengan mengonsumsi nasi merah, maka akan membantu meningkatkan level kolesterol baik, sehingga kadar kolesterol jahat akan turun.



Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value–DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Penulis: dr. Neng Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar