Jumat, 06 Maret 2015

KATARAK

Halo readers, kali ini saya mau menuliskan tentang katarak, bertepatan dengan saya menjadi panitia operasi masal katarak, sehingga saya tergelitik untuk menuliskan tentang katarak ini, semoga bahasan yang akan saya jelaskan membawa manfaat dan dapat dimengerti oleh readers.. selamat membaca..

Apakah sudah ada yang mengetahui definisi atau arti dari katarak sebelumnya? Apa kah ada yang tau bahwa penurunan penglihatan pada mata kita bukan berarti oleh katarak? Apa sih bedanya katarak dengan penyakit mata lainnya? Dibawah ini saya akan jeaskan apa itu yang dimaksud dengan katarak.

WHO menjelaskan bahwa katarak adalah kekeruhan yang terjadi pada lensa mata, yang menghalangi sinar masuk ke dalam mata. Ribetkan untuk dimengerti, mungkin hanya sebagian orang yang langsung paham dengan definisi ini. Definisi lain dari katarak menurut sidarta, Katarak adalah  suatu keadaan dimana lensa mata yang biasanya jernih dan bening menjadi keruh. Yang definisi kedua lebih bisa dipahami kan yah.. Secara simple katarak itu adalah kekeruhan mata lensa mata kita, jika katarak itu sudah lanjut biasanya terlihat di pupil mata kita berwarna abu-abu atau putih tidak lagi terihat hitam (bening).



Apasih yang menyebabkan karatak itu?
Penyebab katarak itu pada setiap orang berbeda-beda, bisa terjadi karena faktor usia, namun juga dapat terjadi pada anak-anak yang lahir dengan kondisi tersebut. Katarak juga dapat terjadi setelah trauma, inflamasi (peradangan) atau penyakit lainnya.

Bagaimana sih lensa bisa keruh?
Readers harus tau bahwa lensa mata kita ibaratkan dengan lensa kaca mata. Bagaimana keadaan lensa kaca mata jika kita pakai bertahun-tahun pasti tidak bening lagi dan sedikit buram bukan? Apa lagi jika kita menggosoknya terlalu keras sehingga mnimbulkan gores, penghlihatan kita jadi terganggu bukan? Hal itu juga terjadi pada katarak, lensa tubuh manusia itu memang ada usianya, jika usia kita bertambah protein yang terdapat didalam lensa akan terkoagulasi atau penggumpalan semacamnya, sehingga ada bagian-bagian lensa yang keruh dan menyebabkan cahaya matahari yang masuk tidak menembus masuk ke retina mata, dan akibatnya penglihatan kita menjadi berkurang.
Kenapa protein dimata bisa terkoagulasi, Lensa msta mengandung 65% air, 35% protein dan sisanya adalah mineral. Dengan bertambahnya usia, ukuran dan kepadatannya bertambah. Katarak terbentuk bila masukan oksigen berkurang, kandungan air berkurang, kandungan kalsium meningkat, protein yang terdapat didalamnya berubah menjadi keruh dan tidak mudah larut.





Katarak itu berbagai jenis dari pembagian klasifikasinya, ada yang menurut usia, ada yang menutur penyebabnya dan ada juga yang membaginya berdasakan tingkatan dari katarak itu sendiri.
Dari penyebab itu bisa kita bedakan jenis katarak, seperti:
1.        Katarak traumatika adalah Katarak terjadi trauma pada mata kita. Hal  ini dapat mengakibatkan katarak pada satu mata (katarak monokular). Contoh trauma pada mata seperti mata kita tertusuk oleh batang pohon yang kecil, kecelakaan merobek bola mata dan sebagainya.
2.      Katarak toksika adalah Katarak yang terjadi akibat adanya pajanan dengan bahan kimia tertentu. Seperti kemasukan cairan kimia yang sifatnya sangat asam atau basa yang dapat merusak epitel-epitel bola mata dan sekitarnya.
3.       Katarak komplikata adalah Katarak terjadi akibat gangguan sistemik (seluruh tubuh) seperti diabetes melitus (penyakit gula), hipoparatiroidisme, atau akibat kelainan lokal pada mata seperti uveitis, glaukoma, proses degenerasi pada satu mata lainnya.

Selain berdasarkan penyebabnya katarak juga dibagi berdasarkan kapan usia terjadi katarak, walaupun pada umumnya katarak ini terjadi pada usia tua diatas 50 tahun. Berdasarkan pada usia, katarak dapat diklasifikasikan menjadi :
1.        Katarak congenital, Katarak yang sudah terlihat pada usia kurang dari 1 tahun.
2.      Katarak juvenile, Katarak yang terjadi sesudah usia 1 tahun.
3.       Katarak senile, katarak setelah usia 50 tahun.



Berdasarkan stadium juga katarak akan dibedakan, dari pada kita pusing dengan penjelasan dari stadium-stadium katarak, yang memang sebenanya untuk konsusmsi dokter, saya akan jelaskan tentang gejalanya.



Gejala katarak pada usia lanjut biasanya berupa keluhan penurunan tajam penglihatan secara progresif (seperti rabun jauh memburuk secara progresif). Penglihatan seakan-akan melihat asap/kabut dan pupil mata tampak berwarna keputihan. Apabila katarak telah mencapai stadium matur lensa akan keruh secara menyeluruh sehingga pupil akan benar-benar tampak putih.
Gejala umunya meliputi:
1.  Penglihatan tidak jelas berkurang secara perlahan, Pengelihatan kabur seperti terdapat kabut menghalangi objek.
2.      Peka terhadap sinar atau cahaya. Rasa silau karena terjadi pembiasan tidak teratur oleh lensa yang keruh
3.       Dapat terjadi penglihatan ganda pada satu mata.
4.      Memerlukan pencahayaan yang baik untuk dapat membaca.
5.       Lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu. Pada pupil terdapat bercak putih.



Bagaimana jika kita sudah mengalami gejala diatas, yang pertam apasti segeralah periksa ke dokter terutama dokter mata. Yang kedua dokter akan memberikan terpai yang sesuai dengan stadium dari katarak, apa itu masih stadium awal, stadium setengah matang dari lensanya, ataukan stadium yang matang atau sangat matang dari lensa katarak.

Pada umunya katarak hanya bisa di obati dengan cara operasi (Terapi Bedah). Dilakukan pengangkatan sebagian atau seluruh lensa dan diganti dengan lensa baru buatan. Dapat juga tidak diberikan lensa baru buatan tetapi diberikan kacamata dengan lensa khusus untuk pasien.
Nah.. bagaimana dengan yang tidak mengalami gejala diatas, kita lebih baik mencegah bukan drpada mendapatkan terpai katarak yang satu-satunya harus tindakan operasi. Pencegahannya dengan cara Mengurangi terpaparnya mata terhadap sinar ultraviolet, menggunakan pelindung mata bila berada di tempat kerja yang berpotensi menyebabkan kerusakan mata, mengobati penyakit-penyakit sistemik yang menjadi faktor resiko mempercepat terjadinya katarak dan minum vitamin serta makan makanan yang mengandung vitamin tinggi untuk mata.



Nah pertanyaan sekarang, bagaiman jika katarak tidak diobati? Katarak itu dapat menimbulkan komplikasi-komplikasi jika tidak diobati seperti Glaukoma, yaitu Kelainan yang diakibatkan oleh peningkatan tekanan intra okuler didalam bola mata, sehingga lapang pandang mengalami gangguan dan visus mata menurun. Biasanya menimbulkan sakit yang hebat pada mata, disertai dengan penurunan penglihatan yang hebat pula.


Glaukoma


Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.
Terima kasih

Dr. Neng Silvia Carolina


Tidak ada komentar:

Posting Komentar