Senin, 11 Maret 2019

Sudah tau bercak coklat di kulit kamu itu apa?

Hai semuanya I am Back..
Setelah lama vacuum nulis dan blog saya tiba2 menghilang so… kita bikin tulisan2 baru
Kita mulai dengan membahas tentang bercak kolat yang ada di pipi nih girls.. itu flek / melasma/freckles apa hiperpigmentasi yah? masalah ini  banyak dikeluhkan oleh pasien-pasien saya di klinik.
Pertanyaan selalu muncul adalah
Dok, knapa yah flek itu bisa muncul?
Dok, kapan yah flek nya ini hilang,padahal sudah pakai krim untuk flek?
Dok, harus berapa kali yah saya melakukan treatment agar fleknya hilang?
Sebelum menjawab semua pertanyaan itu saya mencoba menjelaskan apa sih itu flek/ melasma/ hiperpigmentasi/freckles.

Masih bingungkan membedakannya apa sih bedanya flek biasa, freckles sama hiperpigmentasi. Semua terkesan mirip karena memberikan pigmentasi yang gelap pada wajah. Tapi sebenarnya ketiganya punya perbedaan yang mendasar lho.

Nah kita bahas satu satu yah...

Kita mulai dari freckles, pasti udah tau banyak si freckles ini bercak kecoklatan ada yang coklat tipis ada yang kentara banget d wajah, biasanya yang punya bule-bule gitu girls.. dia itu sejenis hiperpigmentasi juga pada wajah. 
Freckles dapat terbentuk sejak usia masih relatif sangat muda, sekitar 6-8 tahun. Bintik-bintik bulat kecil berwarna hitam atau coklat ini cenderung nggak berbahaya, menyebar dan umumnya terlihat di area wajah seperti pipi, hidung, leher, pundak, tangan, bahkan tangan dan area lainnya. Penyebabnya bisa karena paparan sinar UV matahari dan bawaan genetik. Genetik disini berperan penting banget loh...

ini dia dibawah tampilan yang khas pada freckles 


ada yang tanya, dok knapa sih setelah berobat bertahun tahun pakai krim gak hilang juga?
waaaaah... freckls itu memang pada dasarnya susah untuk hilang dilihat dari letak kedalamannya juga dia berada jauh d dalam kulit kita, isilahnya mau jungkir balik juga susah sekali untuk hilang ini freckles. 
Tapi jangan sedih loh...malah skrng pada pede menunjukan freckles mereka krn memang bawaan genetiknya seperti itu.

Sekarang kita bahas tentang flek hitam, 
Dibanding dengan freckles yang bentuk bintik-bintiknya lebih kecil dan cenderung tersebar, flek hitam umumnya memiliki area penyebaran yang lebih luas dalam bentuk berkelompok, bentuk yang lebih besar, kombinasi warna yang berbeda-beda (misal cokelat dan hitam) warna yang jauh lebih gelap dan lebih cepat meluas. 
Bedanya dari melasma, flek hitam memiliki bentuk yang lebih bulat beraturan. Sedangkan melasma umumnya berwujud lebih luas, berbentuk bercak-bercak tak beraturan dan biasa dialami oleh mereka yang berusia lebih matang.

Ini dia tampilan flek hitam di wajah memang mirip dengan freckles tetapi biasanya jumlahnya tdk sebanyak freckles dan penyebarannya tidak merata.



Dibawah ini contoh melasma bercak2 yang tersebar merata



Melasma kerap menyerang area wajah seperti pipi, hidung, dahi, lipatan mata,hidung, dagu, lipatan mata, dan bibir. Melasma juga lah yang kerap menyerang ibu-ibu hamil yang sedang mengalami ketidakseimbangan hormon.
Kemunculan flek hitam bisa muncul karena dipicu paparan sinar UV matahari berlebih hingga menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Nah, melasma bisa dipicu oleh hal yang lebih kompleks, seperti akibat paparan sinar UV matahari, perubahan hormonal, inflamasi kulit, penggunaan obat tertentu, gangguan tiroid dan stres.
Jenis lain dari hiperpigmentasi (kecoklatan pada kult) itu bisa karena bekas jerawat, bekas luka dll. 

Sekarang kita bahas cara terapinya.
Sering muncul pertanyaan seperti ini
Dok, kapan yah flek nya ini hilang,padahal sudah pakai krim untuk flek?
Dok, harus berapa kali yah saya melakukan treatment agar fleknya hilang?

Ada banyak pilihan terapi untuk flek seperti penggunaan obat baik topical antara lain obat pemutih (hidroquinon, Asam Azelaic, Tretinoin, Asam Kojic, Vitamin C, Vitamin E), formula kombinasi,  maupun obat minum, prosedur resurfacing seperti chemical peeling dan mikrodermabrasi, messotherapy serta pemakaian laser.

Tapi saya sudah sering peeling dok,tapi gak hilang-hilang
Banyak penelitian yang menyatakan melasma sangat sulit disembuhkan dengan chemical peeling, terutama pada melasma tipe yang dalam atau campuran (deep atau mixed). 
Flek itu tergantung pula dengan kedalamannya semakin dalam emakin tidak bisa di tembus jika hanya dengan krim dan peeling, flek yang dalam itu bisa ditmbus dengan messoneddle dan laser. 
Tapi selain kita terapi juga peran pasien sendiri sangat penting seperti tidak malas menggunakan tabir surya. biasanya dengan alasan "dok, saya kan gak jalan kemana-kemana dok"
"dok saya kan hanya d kantor/ rumah seharian"
eiiitttssss.... jangan lupa kalau kita butuh sunblock bukan menghalau rasa panas dari matahari tp yg kita block adalah sinar UV yang menembus kulit kita.
Nah jika kita dI rumah/ kantor apa kita tidak bUKA TIRAI seharian? 
Apa kita yakin tidak ada jendela? 
Orang selalu mengganggap aman d rumah krn panas  matahari tidak terasa ke kulit padahal sinar Uv itu tetap akan menyebar keseluruh pelosok ruangan rumah kita dan masuk ke kulit kita. dr situ saya edukasi pasien saya untuk memakai sunblock dengan spektrum luas.

jadi inti dari terapi flek ini tidak akan singkat, pasti memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, terapi kombinasi, kepatuhan pasien dan harus ingat tidak berekspektasi berlebihan karena sifat dr flek ini rekuren alias kambuhan.

semoga tulisan saya hari ini bermanfaat
Selamat hari selasa

dr. N. Silvia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar