Rabu, 10 Mei 2017

TRETINOIN obat Jerawat


Hai I'm back nulis lagi, sekarang bahasannya tentang tretinoin

Apasih itu tretinoin, tretinoin adalah zat turunan dari asam retinoat yang fungsinya banyak banget, salah satunya untuk obat jerawat. intinya sangat ampuh untuk mengobati jerawat ya guys..
Tretinoin ini penggunaannya harus sesuai resep dokter, so.... jangan sembarang pakai yah.. karena zat ini sangat berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui. Selin itu setiap kadar tretinoin sendiri misal konsentrasi 0.025 dan 0,05 aja itu beda banget fungsinya.. yang satu biar kulit cling putih dan yang satu buat jerawat.



Tretinoin ini punya manfaat yang luar biasa buat kulit, teteup catatannya kalau digunakan pada konsetrasi yang tepat, serta durasi penggunaan yang benar, “ terkontrol dengan resep dokter “. 


Tretinoin pada konsentrasi dibawah 0.025% / 0.02 % adalah konsetrasi yang paling aman. Kandungan tretinoin di dalam suatu produk pada kadar <0.025% keamanannya bisa terjamin kalau  pemakaian setiap 2 hari sekali. Bila produk Tretinoin dengan kadar  <0.025% tersebut dioleskan setiap malam, hanya boleh dipakai selama 3 bulan harus di hentikan. Lebih dari 3 bulan dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah.

Produk Jerawat sangat direkomendasikan untuk menggunakan konsentrasi Tretinoin pada kadar 0.02% ke bawah. Konsentrasi tunggal Tretinoin 0.05% berkhasiat untuk membunuh bakteri (efek sterilisasi). Sehingga kemampuan pembersihan bakteri bisa lebih baik bila dibandingkan dengan konsentrasi 0.025%.

Tretinoin pada sediaan produk jerawat dengan kombinasi ( Clyndamycin 1%  dan tretinoin pada takaran 0.05% ). Konsentrasi ini sangat ampuh untuk jerawat pada kulit yang masih virgin atau belum terpapar cream sama sekali, tetapi sangat berbahaya kalau di oles ke seluruh wajah secara terus menerus setiap malam, dalam 2-3 bulan kulit akan  iritasi berat, kulit jadi sangat sensitif keadaannya.

Penggunaan produk Tretinoin di pasar bebas ada pada kadar 0.05% s/d 0.1%. Konsentrasi tersebut menjadi andalan bagi produk yang bekerja sangat cepat. Tetapi, semakin cepat tretinoin mengikis, kulit akan menipis dan semakin cepat meradang bahkan menyebabkan infeksi dan ketergantungan akan steroid sebagai anti inflamasi. 
Namun, sebagian orang akhirnya mengoleskan produk jerawat tersebut ke seluruh muka dan dipakai dalam jangka panjang.
Dengan cara pemakaian dan durasi pemakaian yang salah ini, akibatnya kulit menjadi sangat tipis karena terus menerus terkikis oleh Tretinoin dan antibiotik.
Akibatnya dari kulit tipis ini sangat berbahaya, karena kulit kehilangan antibody dan kehilangan metabolisme. Sehingga keadaan kulit jadi sangat rentan dan mudah terserang bakteri, yang pada akhirnya jerawat semakin berpotensi untuk jangkit kembali dan bertambah banyak sehingga keadaan kulit jadi semakin parah / Rebound.


Pemakaian cream acne  yang benar harus di totol dan tidak boleh di balur keseluruh wajah. Sejak awal kulit yang berjerawat harus di balur dengan antioxidant / vit c acne dan cukup 1x saja pada malam hari.
Untuk Vitamin C sendiri pun haruslah Vitamin C dan antioxidant yang sudah diracik khusus untuk jerawat.

 Cara yang benar, kulit yang berjerawat sejak awal harus dioleskan dengan antioxidant yang di campur dengan obat jerawat minimal 1x sehari ( paling baik malam hari ) selebihnya siang hari obat jerawat harus di totol jangan di balur.
Cara pemakaian obat jerawat harus di totol, tidak boleh di oles.

nah setelah membahas kadar dan cara pemakaian, pasti pengen tau knapa sih tretinoin ini bagus buat kulit apa aja sih manfaatnya




nah... Manfaat Tretinoin sebagai berikut :
-         Mengaktifkan sel basal dan meningkatkan pertumbuhan atau eksisting kulit.
-         Kulit dapat kembali mulus seperti semula tanpa luka bekas jerawat atau bopeng.
-         Membersihkan kulit mati lewat efek pengikisan / exfoliating secara alami.
-         Memberikan boosting performa kepada bahan aktif lainnya,
sebagai contoh :
Tretinoin 0.025% + clyndamycin untuk obat jerawat.
Tretinoin 0.025% + Hydroquinon untuk pemutih kulit.

Dengan catatan, ini bukan produk bebas, ini adalah krim racikan dan benar-benar harus dokter yang meresepkannya.. 

Setelah saya bahas diatas sudah mulai sedikiti mengertikan bahaya dan keunggulan dari zat aktif ini, semoga kita semakin bisa Bijak dalam menggunakannya.. regraaaddeee... 

by. dr. N. Silvia Carolina (NESICA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar