Minggu, 17 Maret 2019

Si Jerawat yang bikin pusing

Selamat pagi semuanya
Hari ini saya akan menulis tentang jerawat lagi dan lagi hehehe… kmren sempet pooling mau nulis apa ternyata pada antusias soal jerawat. Memang yah membahas jerawat itu gak ada habis nya.. knapa? Karena selama usia kita produktif itu si jerawat, komedo akan selalu menghiasi wajah kita.


Banyak sih pasien nanya nih
Dok ada krim buat ngilangin komedo ga?
Dok knapa sih komedo saya selalu ada?
Dok jerawat saya timbul terus di tempat yang sama knapa yah?
Dok kapan yah jerawat saya hilang?
Dok saya pengennya pakai pencerah aja agh…gak mau pake obat jerawat bisa ga?
Dan banyak lagi pertanyaan seputar jerawat, yang paling sering itutuh pertanyaan diatas.

Kita bahas soal jerawat dulu yah baru kita bahas ke pertanyaan
Kita tau gak sih kalau komedo itu termasuk dari jerawat? Karena kalau saya suka bilang pada denial alias semua menyangkal “ini cuman komedo aja kok dok”
Kita lihat definisi dari jerawat dulu, jerawat itu merupakan peradangan pada unit  kelenjar polisebaseus disertai penyumbatan dan penimbunan bahan keratin. Nah gambaran yang terlihat dari jerawat ditandai adanya komedo, papel, pustul, nodulus dan kiste serta jaringan parut hipotrofik maupun hipertrofik (bekas jerawat).


Ini adalah gambaran kulit yang normal dibandingkan dengan kulit yang berjerawat.

Kenapa sih kok bisa timbul jerawat? Banyak banget penyebab dan faktor2 disekeliling kita yang bakalan menceturkan jerawat.
Sumbatan ductus pilosebaseus (saluran kelenjar)
Perubahan lipid bilayer/ biokimiawi lemak
 Meningkatnya produksi sebum
Kolonisasi bakteri P. acne didalam folikel
Proliferasi folikuler (karena keratinosit menempel kuat dan tidak bisa lepas)
Inflamasi/ peradangan


Jadi intinya si jerawat itu timbul karena adanya penyumbatan nih d pori2 kita, lalu bergabunglah dengan bakteri2 penyebab jerawat yang ada di kulit kita, mengakibatkan adanya peradangan trus jadi deh jerawat yang merah nyut nyutan itu..
Kenapa bisa pori2 kita itu tersumbat sih? Bisa karena memang eksfoliasi kulit kita kurang, jadi sel sel kulit yang mati tertumpuk di permukaan kulit. Bisa juga karena produksi dr kelenjar minyak yang banyak pori2 juga tersumbat. Inti dari penyumbatan ini berarti kita kurang rajin bersihin wajah kita dengan maksimal. Mau pakai krim semahal apapun jika kita salah dalam membersihkan wajah maka kulit wajah kita akan kusam kusam juga karena penumpukan sel kulit mati itu.

Nah jika sudah tersumbat begitu, maka kita namakan KOMEDO, komedo itu ada dua jenis yang black head dan white head. Yang black ini suka kita lihat di hidung ada bintik2 kecoklatan disebabkan adanya oksidasi pada komedo terbuka ini. Nah kalau komedo yang potih2 itu biasanya Karena memang ketutup banget nih susah juga kan kalau mau dikeluarkan oleh kita sendiri.


Nah si komedo2 ini jika bakteri2 penyebab jerawat ini ikut nimbrung maka jadilah jerawat alias komedo yang meradang. Jerawat ini bisa berukuran kecil2, atau besar yg suka orang bilang jerawat batu. Penangan dari jerawat ini berbeda dengan penanganan jika hanya ada komedo.
Penanganan pada komedo itu kita harus rajin bersihkan wajah secara maksimal. Semua perawatan kulit missal milk cleanse, sabun wajah, toner, eksfoliasi itu semua ada kegunaannya kenapa kulit orang korea mulus pori2nya mengecil karena mereka sangat rajin membersihkan wajahnya plus eksfoliasi kulit mereka. Jadi rutinitas malamnya jangan lupa dan malas yah, pakai milk cleanser, sabun wajah lalu toner, itu minimal karena akan mengurangi penyumbatan2 di pori2 kita.






Selain bersihkan wajah d rumah juga rajin rajin lah facial, konsultasikan dengan klinik (yang ada dokternya yah) apa aja yang harus dilakukan. Karena sejatinya komedo itu setelah dibersihkan akan muncul lagi 2 minggu kemudian. Ada krim gak buat hilangin komedo? Tidak ada sayang2ku.. yang ada untuk mengurangi minyak berlebih, eksfoliasi kulit sehingga kulit mati cepet2 deh ilang biar gak nyumbet d kulit.



Nah…penangan jerawat  nih yang paling unik..
Selain membersihkan wajah tentu lebih rajin dan maksimal dr kulit yang tdk berjerawat, facial rutin, dan treatment lain. Missal ada krim anti jerawat yang harus dipakai, boleh gak pakai whitening? Dengan berat hati saya bilang “tidak bisa” karena sifat krim whitening itu akan memacu jerawat untuk timbul lagi.



Kapan yah jerawat saya hilang
Kapan yah jerawat saya hilang dok?
Jerawat itu seperti yang sudah saya bilang diatas akan timbul selama usia kita reproduktif. Tapi jumlahnya bisa kita kurangi. Terapi jerawat juga sangat kompleks karena tergantung penyebab jerawat itu sendiri, makanan kita seperti apa, habbit kita bagaimana.
Misal jerawat karena hormonal yah kita bantu juga perbaiki kondisi tubuhnya. Jerawat karena efek samping krim berbahaya seperti MERKURI, nah….ini dia yang suka memakan waktu yang relative lama, karena dating juga biasanya dengan derajat jerawat yang sedang sampai berat. Minimal 3-8 bulan untuk mengobati seperti ini dan tidak ada itu krim ajaib yang menghilangkan jerawat dalam 2 minggu, pasti diikuti oleh efek samping yang berat nantinya missal kanker kulit.






Jati inti dari penatalaksanaan komedo dan jerawat ini step pertama adalah memersihkan wajah secara maksimal dan teratur tp jangan sering2 juga cuci wajah sehari 2 kali sudah cukup krn wajah sering tergosok juga akan merangsang komedo menjadi jerawat.
Diusahakan facial sebulan sekali dengan treatment2 lainnya yang disarankan oleh dokter masing2. Dan….. jangan bosenan, harus disiplin diri sendiri juga karena pengobatan jerawat ini peranan penting adalah kebiasaan kita dan makanan kita seperti apa.
Udah dulu yah nulis hari ini nanti kepanjangan kaya mau bikin tesis hehehe..
Semoga bermanfaat

Dr. N. Silvia Carolina 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar