Jumat, 02 Januari 2015

Semerbak Bau Tubuh

Bau badan...

Disebut juga dengan bromhidrosis ketika seseorang memasuki usia pubertas dikarenakan pada usia ini hormon androgen mulai teraktivasi, sehingga pada masa kanak-kanan tidak mungkin bau ini muncul karena homon androgen ini belum aktif. Bagian tubuh yang sering menghasilkan bau adalah ketiak. Disebabkan ketiak merukan tempat keringat banyak diproduksi sedangkan keringat sebagai media tumbuhnya bakteri yang akan menimbulkan bau pada daerah tersebut.

Cara menghindari dari bau badan ini coba lakukan:
Rajin mandi, bersihkan ketiak hingga bersih dengan sabun dan bilas hingga bersih.


Kurangi makanan makanan tertentu, makanan yang berbau tajam akan mempengaruhi bau badan seperti bawang merah dan bawang putih.

Cukur bulu ketiak, karena banyak bulu pada ketiaak menjadi sarang bakteri yang menyenangkan sehingga bakteri dapat berkembang biak. Bulu ketiak juga akan memperlambat penguapan di area kulit tersebut.

Gunakan antiperspiran, saat ketiak sudah bersih gunakan atau aplikasikan antiperspiran sebelum tidur. Cara ini akan memberikan kesempatan produk ini bekerja kala kita tidur. Tapi kebanyak orang memakai ini saat pagi setelah mandi bukan, itu cara yang tidak efektif karena saat aktivitas akan mengeluarkan banyak keringat dan dapat menghapus antiperspiran yang kita pakai pada waktu pagi hari.

Campuran Hidrogen Peroxide dengan air, caranya ambil satu sendok teh peroxide kedalam satu cup air, celupkan kain pada campuran tadi, lalu seka ketiak. Ini cara ampuh untuk membunuh bakteri yang bersemayam di ketiak.



Selain lima hal tersebut yang telah saya sebutkan, ada beberapa bahan alami yang dapat mengatasi bau badan seperti:

Cuka
Cuka dapat mengurangi kelembapan kulit. Sehinhgga menghasilkan daerah kulit yang minim bakteri. Cuka ini bisa diamplikasikan pada kulit ketiak tapi harus diingat tidak untuk penderita kulit sensitif karen kandungan cuka ini bersifat iritatif. Untuk memastikan sensitif atau tidak coba aplikasikan sedikit pada kulit dibalakang telinga, jika timbul iritasi, timbul gatal atau pana, jangan gunakan cuka untuk daerah ketiak.

Minyak daun teh
Sama halnya dengan cuka, minyak-minyak dari bahan herbal cerderung bersifat iritatif, panas dan gatal. Jika kulit anda sensitif jangan gunakan minyak ini untuk aplikasi pada daerah ketiak. Minyak ini memiliki banyak keunggulan karena baunya yang harum dan ketiak bebas dari bau.

(Bukan Iklan)


Lemon atau jeruk nipis
Buah citrus ini dapat mengubah ph pada kulit ketiak, sehingga makin asam sehingga bakteri sulit berkembang pada area yang diaplikasikan citrus ini. Tapi perlu diingat juga karena jenis citrus ini juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit.




Semoga ulasan yang saya tulis disini menjadi bermanfaat bagi kita semua. Selamat sehat dan cantik. 

dr. N. Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar