Sabtu, 20 Desember 2014

Semerbak Bau Kaki

Pernah mendapati tubuh menghasilkan bau yang tak sedap? Bau kaki, bau badan, bau mulut bahkan sampai bau rambut. Mungkin tidak semua bisa jadi salah satu yang menimpa teman sekalian.
Masalah ini akan mengikis rasa percaya diri pada seseorang. Tapi yang lebih parahnya ketika seseorang tidak menyadari bahwa salah satu anggota tubuhnya menghasilkan bau. Diambil dari beberapa sumber, berikut adalah langkah menghentikan bau pada anggota tubuh.



Kali ini saya akan membahas tentang bau kaki. Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, sudah sewajarnya tubuh kita akan berkeringat. Perlu digaris bawahi bahwa penyebab kaki bau adalah keringat, keringat pada tubuh atau kaki akan menarik bakteri untuk tinggal pada daerah basah tersebut. Ketika bakteri dan basah bertemu akan menyebabkan bau tidak sedap. Sekitar 10-15 persen penduduk dunia mengalami masalah bau tajam pada kaki mereka, setelah diteliti ternyata pada kaki mereka terdapat banyak keluar keringat sehingga menjadi tempat untuk bakteri Kyetococcus sedentarius. Bakteri ini memproduksi bau karena ada senyawa volatine sulfure.

Nah, bagaimana jika kaki kita terlanjur mengeluarkan bau yang tidak sedap, yang pertama adalah pastikan kaki tetap kering, lalu berikan pula perawatan pada kaki dan sepatu untuk mengurangi baunya, caranya:

  1. Setiap hari selama seminggu rendam kaki kita dengan air hangat yang diberi larutan garam, selama 20 menit. Garam akan menarik kelembapan pada kulit yang mampu mengurangi jumlah bakteri yang berada disana.
  2. Rendam kaki dengan air cuka, cuka memiliki efek pengeringan pada kulit kaki, caranya rendam kaki selama 30 menit setiap hari selama seminggu.
  3. Rendam kaki dengan teh, teh berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri pada kaki. Caranya masukan dua kantong teh hitam pada satu liter air, masak hingga mendidih, tunggu hingga hangat lalu rendam kaki selama 30 menit setiap hari selama seminggu.



Selain melakukan perawatan pada kaki ada baiknya kita juga memperhatikan kebersihan pada area sepatu.
  1. Pilih bahan kaus kaki dengan material katun yang memungkinkan kaki bernapas. Kaus kaki dengan material seperti nilon akan menyebabkan kaki terus lembab sehingga tidak heran akan berbau tidak sedap.
  2. Semprot bagian dalam sepatu dengan produk spray khusus untuk kaki
  3. Taburkan bedak bayi pada telapak kaki
  4. Bergantilah dengan sepatu yang berbeda untuk memberikan kesempatan pada sepatu bernapas. Sering-seringlah jemur dibawah matahari untuk membunuh bakteri di dalam sepatu.

Jika cara yang telah saya sebutkan tidak berhasil, sebaiknya kunjungi dokter kulit.



by: dr. N. Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar