Sabtu, 03 Januari 2015

Jangan Abaikan Gejala Ringan BATUK



Batuk merupakan suatu gejala dari kondisi tubuh yang mengalami penyakit ringan sampai berat. Semua orang pasti pernah mengalami gejala batuk. Kebanyakan batuk berkaitan dengan penyakit ringan saja seperti flu, radang tenggorokan, alergi dan sebagainya. Perlu diketahui tentang batuk, batuk dibagi menjadi dua jenis yaitu batuk produktif dan batuk non produktif. Apa sih bedanya dari kedua jenis batuk tersebut. Mari kita lihat dari pengertian dari jenis batuk masing-masing.

Batuk non produktif adalah batuk yang disebabkan rasa gatal yang dipicu oleh udara dingin, panas dalam, debu dan serbuk dalam udara. Tidak ada lendir yang dihasilkan pada jenis batuk ini.

Batuk Produktif adalah batuk yang menghasilkan lendir yang disebabkan oleh adanya proses inflamasi atau radang oleh infeksi bakteri.

Setelah tahu apa perbedaan dari kedua jenis batuk ini, kita harus tahu kapan kita harus waspada. Kita harus waspada pada keadaan seperti batuk tersebut lama (berkepanjangan) melewati waktu 2 minggu, disertai dengan berat badan yang turun terus menurus, ketika nafas terasa semakin berat dan pendek, lelah berkepanjangan, dan ketika ada bercak-bercak darah dari batuk.


Gejala yang perlu diwaspadai pada Tuberculosis 

Gejala serius yang terlihat pada penumonia / infeksi paru



Lakukan pemeriksaan fisik oleh dokter

Pemeriksaan Rontgen Paru

Pemeriksaan Labolatorium darah dan dahak

Tidak peduli itu jenis batuk produktif atau nonproduktif, segeralah pergi kedokter untuk dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh jika kita mengalami hal-hal yang harus diwaspadai diatas, karena bisa saja sesuatu yang lebih serius sedang kita alami. Apalagi pada kondisi perokok aktif, yang bekerja diarea penuh debu, atau hidup di wilayah polusi tinggi. Ada kemungkinan bisa terinfeksi Tuberculosis paru-paru (TB paru), bronkhitis akut dan kronis, bahkan bisa saja sesuatu yang bersifat kanker. Jika kita mengalami gejala yang harus diwaspadai diatas, tak ada cara lain kita harus melakukan serangkaian tes seperti foto rontgen, pemeriksaan darah dan lain sebagainya untuk memastikan masalah yang sesungguhnya.


Ada jenis penyakit yang sering kami sebut PPOK (penyakit paru Obstruksi kronis), yaitu penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi paru-paru tanpa bisa dihentikan lagi. Biasanya dokter hanya akan memberikan terapi untuk memperlambat proses kerusakan dari PPOK tersebut.


PPOK biasanya terjadi pada perokok berat dalam jangka waktu yang lama

Bagi para pembaca yang mengalami atau mengetahui orang terdekat mengalami gejala yang perlu diwaspadai diatas segeralah periksakan diri ke dokter terdekat. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan dan kata-kata yang tidak berkenan. Semoga sehat selalu.

Dr. Neng Silvia Carolina


Tidak ada komentar:

Posting Komentar