Selasa, 25 Februari 2014

Manfaat yang tersembunyi di setiap Biji Jagung

Jagung merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, tinggi kalori, vitamin, mineral dan serat. Komponen yang penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Diantara manfaat sehatnya untuk kesehatan pencernaan, menjaga jantung, mencegah dan mengontrol diabetes, mengontrol kadar kolesterol, mengurangi resiko katarak, serta menyediakan komponen nutrisi yang penting bagi ibu hamil. Jagung merupakan pilihan yang tepat untuk menggantikan nasi. Sekarang mari kita lihat mengapa jagung begitu bermanfaat bagi kesehatan.



 Menjaga Kesehatan Jantung 
Vitamin C, Karotenoid dan bioflavonoid yang terkadung dalam jantung akan membantu mencegah berbagai gangguan jantung. Karotenoid juga membantu mencegah pengerasan arteri dan mengendalikan kolesterol dalam darah.

 Menjaga Kesehatan Pencernaan 
Jagung kaya akan serat dan membantu dalam mempercepat proses pencernaan di dalam tubuh kita. Berdasarkan penelitian 1 cup jagung akan memenuhi lebih dari 10 persen kebutuhan serat dalam sehari.

 Kaya manfaat untuk Ibu Hamil 
Jagung mengandung asam folat tinggi yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil serta janinnya selama kehamilan. Kekurangan folat berpengaruh pada pembetukan tulang punggung serta berat janin selama dikandungan. Jika kekurangan folat akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

 Menjaga Kesehatan Mata 
Jagung mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxathin yang akan membantu mengurangi resiko degenerasi makular serta menghambat perkembangan katarak pada usia lanjut.

 Mencegah Anemia 
Anemia adalah gangguan yang disebabkan salah satunya oleh kekurangan Vitamin B12, asam folat dan Zat besi. Vitamin B dalam jagung sangat signifikan, dengan kadar asam folat dan zat besi dapat mengurangi terjadinya anemia. Karena komponen ini sangat berdampak pada pembentukan sel darah merah serta pematangannya, jika semua proses itu baik maka sel darah merah yang dihasilkan akan sempurna.

 Menjaga Fungsi Tubuh 
Jagung mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, besi, tembaga, zinc, dan selenium yang sangat penting dalam menjaga kesehatan fungsi tubuh kita. Selain mengandung unsur tadi, jagung juga mengandung fosfor yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal. Magnesium berperan penting dalam membantu denyut jantung tetap normal.

 Mengontrol Diabetes 
Dalam jagung terdapat fitokimia yang berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga jagung sangat baik untuk menggantikan nasi putih yang sangat tinggi kadar gula nya dalam darah.

 Menghambat Kanker 
Jagung banyak mengandung antioksidan yang juga dapat berfungsi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker serta membunuh sel-sel kanker dalam tubuh tanpa harus membunuh sel-sel yang sehat. Senyawa phenolic yang terkandung dalam jagung merupakan antikarsinogenik yang dapat menghambat kanker payudara dan kanker hati.

Jadi mengingat banyaknya manfaat yang kita petik dari setiap biji jagung serta dengan mudahnya kita mendapat bahan makanan ini, tak perlu ragu lagi untuk menyelipkan jagung dalam setiap menu makanan kita.



Created by:

dr. N. Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar