Selasa, 25 Februari 2014

Kulit Bebas Bekas Luka dengan Buah


Setiap orang tentu mendambakan kulit yang sehat, bersih dan mulus. Tetapi banyak kejadian yang tidak bisa kitahindari seperti jerawat, tergores, tergaruk dan lain sebagainya yang akan meninggalkan bekas pada kulit kita. Bekas luka yang dikenal dengan scar merupakan fase akhir dari proses perjalanan penyembuhan dari luka. Jika dalam proses penyembuhannya kurang sempurna bisa disertai dengan adanya infeksi atau lainnya maka akan timbul bekas luka yang kurang diinginkan seperti scar hipertrofi atau keloid yang bahkan bisa timbul besar.
Seperti juga dengan jenis luka, jika luka ringan seperti hanya tergores maka akan tebentuk bekas luka yang lebih halus atau samar, yang kemungkinan akan menhilang seiring dengan perjalanan waktu.
Jika luka yang timbul sangat jelas terlihat tentunya membuat kita kurang nyaman atau kurang percaya diri dan tentunya banyak upaya yang dilakukan untuk menyamarkan atau menipiskan luka tersebut. Sebenarnya alam telah menyediakan solusi untuk mengatasi hal ini. Salah satunya dari bahan-bahan alami yang diambil dari sari buah. Apa saja buah yang dapat membantu kita menyamarkan bekas luka yang ada dikulit, ini dia jawabannya.


 Tomat 
Tomat ini jika sudah matang banyak mengandung air yang bagus untuk hidrasi kulit. Tomat memiliki kandungan Vitamin A dan C yang cukup tinggi jika digunakan secara rutin akan membantu proses menyamarkan bekas luka. Caranya blender tomat, ambil sarinya lalu latakan diatas luka. Biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Bonus lain tingginya kandungan lycopene dalam buah tomat dikulit membantu meningkatkan kesehatan kulit sehingga terlihat lebih terawat.


 Lemon 
Kandungan alami dari buah lemon dapat mencerahkan kulit bekas luka dan kulit secara keseluruhan. Caranya peras lemon kemudian air perasan lemon digunakan masker pada kulit yang terkena bekas luka dengan pijatan kecil pada daerah kulit agar sari lemon yang terdapat dipermukaan lebih mudah memasuki lapisan kulit. Tetapi ada catatan jika menggunakan cara ini, sebelum mengoleskan pada bagian bekas luka pastikan luka benar-benar kering dan coba dulu pada telapak tangan apakah kulit kita menerima kadar keasaman dari sari buah lemon ini.


 Jeruk 
Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam jeruk tidak diragukan lagi, baik untuk kesehatan tubuh maupun pada kulit kita. Caranya ambil perasan air jeruk kemudian oleskan pada bagian bekas luka selama 10-15 menit lalu basuh dengan air hangat suam kuku.


 Strawberry 
Buah ini dapat menyamarkan bekas luka dan menghaluskannya. Strawberry yang telah dihaluskan atau dicacah dapat digunakan sebagai scrub atau masker untuk membersihkan noda-noda pada kulit dan kulit menjadi halus serta lembab.
 

 Semangka 
Siapa yang tidak menyukai semangka, buah yang sangat banyak mengandung air ini memberikan kesegaran tersendiri, termasuk jika kita letakan pada kulit. Caranya buah semangka yang telah diambil sarinya, diletakan pada bagian kulit yang terdapat bekas luka, kemudian diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Haslnya akan membantu mengurangi bekas luka pada kulit dan menjaga hidrasi kulit.

 Minyak Nanas 
Seperti kita ketahui, vitamin C terdapat dalam kandungan minyak Nanas yang dapat membatu menghilangkan bekas jerawat atau luka, cukup oleskan minyak nanas ke bekas jerawat lalu biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat suam kuku. Kandungan asam askorbat dalam buah nanas dapat memberikan efek cerah pada wajah, dan membantu memudarkan bekas luka jerawat.

Selamat mencoba, rajin menaplikasikan sari buah diatas membuat bekas luka memudar atau berkurang.


created by:
dr. N. Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar