Selasa, 24 Januari 2017

Dapatkah Penuaan Kulit Dihentikan?

Dapatkah Penuaan Kulit Dihentikan?
Pertanyaan yang sering saya temukan sehari-hari tentang keluhan penuaan kulit..

Kulit manusia merupakan organ terluar dan terluas yang dapat mengalami penuaan. Penuaan tersebut terjadi karena adanya peran dari beberapa faktor yang saling berkaitan, baik itu faktor ekstrinsik maupun instrinsik. 
Anatomi Kulit



Faktor penuaan instrinsik terdapat pada tubuh manusia sendiri, merupakan faktor yang tidak bisa dicegah ataupun dirubah, yang secara alami akan dilalui oleh setiap individu. Faktor penuaan ekstrinsik merupakan faktor yang terdapat diluar tubuh, salah satunya yang paling dominan adalah radiasi UV (sinar matahari).

Tanda-tanda adanya penuaan kulit antara lain : Kulit menjadi tipis,keriput, kulit kendur, kulit kering, kasar dan kusam. 

Menua adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri/ mengganti diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap jejas dan memperbaiki kerusakan yang diderita. (Contantinides, 1994)Banyak teori yang menjelaskan mengenai proses penuaan antara lain teori Telomere, Teori “wear-and tear”, Teori Mutasi Somatik, Teori Neuro-endokrin (hormonal), teori “Aging-Clock”, Teori “Cross-Linkage”, Teori “radikal bebas “, Teori kontrol genetik. Namun demikian proses adalah multifaktorial baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. 

Penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari oleh semua makhluk hidup, dimana ada kerusakan baik anatomis dan fisiologi dalam semua organ, dari pembuluh darah dan organ lain sampai kulit. Penuaan pada kulit yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, spserti perubahan genetik, faktor lingkungan seperti paparan sinar Ultra Violet yang kronis, dan perubahan hormonal.

Perubahan akibat proses penuaan yang terjadi pada kulit dapat dibagi menjadi perubahan anatomi, kimia, dan fisiologis. Perubahan anatomi beberapa dapat dilihat secara langsung, seperti keriput dan kerutan, hiperpigmentasi dan tumor kulit, penebalan kulit, epidermis kering dan pecah-pecah, dan perubahan bentuk kuku dan rambut. 

Datangnya masa tua tidak dapat dicegah karena merupakan kelanjutan dari proses tumbuh dan berkembangnya dalam kehidupan. Namun manusia dapat berupaya menghambat dan menundanya dengan tujuan agar diusia lanjut produktivitas tetap terjaga, dapat menikmati hidup dan mengisinya dengan hal yang berguna. Yang lebih penting adalah tetap dapat menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memelihara kesehatan. Dengan memelihara kesehatan manusia dapat memperlambat proses penuaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar