Kamis, 09 Juli 2015

Pakaian Dalam yang Nyaman untuk Hijabers

Halo raders, kali ini saya akan menuliskan tentang kesehatan payudara yang waktu telah dibahas sekilas oleh Luludi pada saat saya mengikuti Hijab Class dari ClozetteID. Jika kita lihat dari kata Payudara pasti semua orang tau apa itu Payudara, tapi apakah sudah yakin mengenal organ penting ini? Coba kita tanya pada diri sendiri apa sih itu payudara, apa sih fungsi payudara, bagaimana cara merawatnya dengan baik, apa sih itu kanker payudara, apa hanya itu penyakit payudara dan apakah Bra mempengaruhi kualitas kesehatan payudara kita. Yuk mari kita kupas satu persatu.


Secara umum payudara kesan nya hanya dimiliki oleh kaum hawa, betul? Eiits jangan salah kaum pria juga memiliki payudara, perbedaannya karena pengaruh hormon tertentu payudara pada kaum hawa akan berkembang seiring berjalannya pertumbuhan usia dan akan berubah pula bentuknya seiring dengan perkembangan usia dan hormon. 

Berdasarkan dari struktur anatomi payudara terdiri dari jaringan lemak, kelenjar getah bening, kantung-kantung/ lobulus-lobus kelenjar dan tentunya ada saluran asi yang menuju ke dearah aerola (puting), pada keadaan tertentu seperti kehamilan (hormon estrogen) dan masa menusui kelenjar-kelenjar ini akan aktif dan membesar dan mengasilkan ASI untuk bayi kita. Keadaan ini akan diikuti oleh bentuk payudara yang berubah, membesar dan aerola/ puting akan berwarna lebih gelap. 

Jika Asi sudah tidak di produksi jaringan ikat pada kulit payudara yang tadi meregang akan menciut kembali sehingga payudara tidak akan tampak seperti waktu sebelumnya. So... jangan terlalu berkecil hati untuk para mommy yang sudah mengalami ini karena setiap ibu akan mengalami hal yang sama baik dia menyusui maupun tidak karena mereka pernah mengalami hamil dan masa laktasi.

Ketika saya mengikuti Hijab Class ClozetteId kemarin Luludi sempat menjelaskan mengenai cara pemakaian Bra, memilih ukuran Bra yang sesuai dengan payudara kita, dan menurut saya itu mempengaruhi anatomi dan fisiologi payudara itu lho girls.. jika kita salah memilih bra maka payudata dan struktur tubuh disekitarnya tidak akan nyaman, mengganggu baik itu anatomi, penampilan maupun psikologis kita.

Nah ada bocoran nih cara memilih bra dari luludi, pertama lihat postur tubuh kita, jika yang bertubuh mungil maka gunakan Bra dengan ¾ Cup, jika tubuh biasa pakai yang ½ Cup atau Full, jika bertubuh gemuk baiknya pakai yang Full Cup mencegah terjadinya puting payudara keluar dari cup Bra atau sebagian Payudara terjeput oleh bagian atas Cup, kurang indah bukan? Hehehe.. soo... fitting dulu yah kalau membeli Bra jngan sampai kekecilan dan jangan sampai terlalu besar juga..


Selain kurang indah ukuran itu akan mempengaruhi anatomi dan fisiologi dari payudara itu sendiri, mengapa? Karena misalkan ada bagian payudara yang terjepit oleh cup yang kekecilan maka aliran darah dan kelenjar getah bening juga bisa tersumbat atau tidak lancar, kebayang kan jika aliran dara tidak lancar atau pembuluh getah bening tersumbat akan mengakibatkan kelainan-kelainan pada payudara contohnya pembuangan radikal bebas atau racun dalam aliran pembuluh darah terhambat,  pasokan oksigen pada sel-sel payudara akan berkurang dari dua bagian contoh ini saja akan menimbulkan banyak masalah pada payudara kita, bisa cepat terserang infeksi, tumor, nekrosis pembuluh darah di payudara dan lain sebagainya.

Bahan dari Bra dan pakaian dalam pun harus yang nyaman, tidak panas, tidak menimbulkan iritasi, lembut, menyerap keringat seperti cotton. Pada Hijab Clas kemarin saya mendapatkan goodie bag dari Luludi berupa pakaian dalam, dan ternyata sangat nyaman digunakan bahannya, meggunakan renda (lace) yang tidak membuat gatal di kulit saya yang super sensitif.

Nah ini adalah contoh pakaian dalam yang menurut saya nyaman 
karena bahannya adem, elastis dan lembut 

Setelah mencari ukuran Bra yang pas, bahan yang nyaman dari Luludi, kita juga harus benar dalam memakai Bra, mu tau caranya, kita intip bocoran dari Luludi yah...
  1. Pasangkan Strap pada bahu, lalu gunakan kedua tangan saat menahan tepi/sisi bawah cup
  2. Sedikit membungkuk ke depan agar seluruh bagian payudara dapat masuk ke dalam cup. Kemudian pasang pengait bra (hook) pada bagian belakang.
  3. Dengan jari menutup, masukan tangan kanan ke payudara kiri. Tarik ke atas arah bahu kakan sehingga payudara kiri seluruhnya terbungkus cup. Lakukan hal yang sama unuk payudara kanan.
  4. Sesuaikan panjang/ pendek strap sampai anda merasa nyaman. Segera setelah bra dikenakan anggkat kedua tangan, coba gerakan tubuh untuk merasakan apakah sudah nyaman atau belum.
Sumber: Luludi

Sudah tau kan bagaimana cara yang benar mengenakan Bra kita. Sekarang jika sudah benar semuanya, jangan lupa juga merawat dengan baik Bra kita, jangan sampai yang sudah ga bagus bentuk cup nya, atau strap nya sudah sangat longgar tidak kita eliminasi untuk tidak laya pakai, memang kesannya sayang tapi kita harus lebih sayang pada payudara kita. Jangan malas mengganti Bra juga dalam sehari, atau sampai berhari0hari tidak di cuci, igh..itu mah kebangetan yah, tau kah anda semua Bra yang jarang di cui bisa menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan infeksi, terutama para ibu yang menyusui karena Asi yang menetes pada Bra juga menjadi sarang bakteri dan tak jarang wanita dirawat dan di Operasi Payudaranya karena Mastitis.

Pada saat Hijab clas kemarin juga ada peserta yang bertanya hubungannya Kanker Payudara dengan Kawat di Bra. Kita harus tau dulu Kanker payudara adalah keadaan abnormal sel-sel payudara yang memperbanyak diri di luar batas nomal pembelahan selnya, sehingga terbentuklah misalkan tumor atau kanker. Tumor dan kanker payudara pemicu utamanya adalah makanan seperti Junk food, pada saat saya di rumah sakit pada bagian bedah saya banyak menemukan wanita belia dengan keluhan tumor dan usia wanita yang masih muda sudah terkena kanker payudara,  setelah melakukan anamnesa lebih dalam semuanya mengarah pada pola hidup mereka yang tidak sehat dan mayoritas karena mereka gemar memakan makanan cepat saji (junk food) yang memiliki kadar hormon estrogen yang sangat tinggi yang memacu pertumbuhan dari sel-sel payudara tumbuh diluar normal. Selain dari junk food juga ada sebagian faktor dari genetik, merokok, polusi dan alkohol. Jadi masih mengganggap itu karena kawat pada Bra? Tentu jawabannya tidak.

Dari semua hal yang telah saya uraikan diatas, sepertinya kurang lengkap jika kita tidak mengenal payudara kita dengan baik, kita harus mengenal payudara kita bagian kira dan kanannya, dengan cara yang sangat popular “SADARI. Sadari tidak hanya diperuntukan untuk kaum hawa tapi kaum adam juga bisa mempraktekannya karena tidak jarang kelaian juga dapat mengenai kaum pria ini.

Sadari ini sangat bermanfaat karena kita dapat langsung mendeteksi kelaian pada payudara kita secara dini, misalkan adanya benjolan, rasa sakit, bagian kulit payudara yang menebal, adanya ruam pada kulit, adanya nanah atau darah yang keluar dari aerola/ puting, puting tidak menonjol kedepan tapi malah tertarik ke dalam, kulit yang tidak tertaik ke arah dalam juga dan lain sebagainya. Dengan mengenal kondisi normal payudara kita serta memeriksa secara teratur, anda akan lebih cepat mengenali jika terdapat perubahan atau gejala lain pada payudara anda sendiri.

Demikian uraian yang dapat saya tuliskan, mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan. Terima kasih readers.. semoga bermanfaat..

Created by:

dr. Neng Silvia Carolina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar